Selasa, 29 Maret 2011

BIOLOGI

SAYA sanga suka dengan biologi
jadi saya akan membahas tentang biologi

Biologi (ilmu hayat) adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda "biologie", yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, βίος, bios ("hidup") dan λόγος,logos ("lambang", "ilmu"). Dahulu—sampai tahun 1970-an—digunakan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab, artinya "ilmu kehidupan").

biologi asal mulanya dikembangkan oleh
=== Aristoteles dan biologi ===
Ilmu biologi dirintis oleh [[Aristoteles]], ilmuwan berkebangsaan [[Yunani]]. Dalam terminologi Aristoteles, "filosofi alam" adalah cabang filosofi yang meneliti fenomena alam, dan mencakupi bidang yang kini disebut sebagai [[fisika]], [[biologi]], dan ilmu pengetahuan alam lainnya.

Aristoteles melakukan penelitian sejarah alam di pulau [[Lesbos]]. Hasil penelitiannya, termasuk ''[[Sejarah Hewan]]'', ''[[Generasi Hewan]]'', dan ''[[Bagian Hewan]]'', berisi beberapa observasi dan interpretasi, dan juga terdapat mitos dan kesalahan. Bagian yang penting adalah mengenai kehidupan laut. Ia memisahkan mamalia laut dari ikan, dan mengetahui bahwa hiu dan pari adalah bagian dari grup yang ia sebut Selachē ([[selachians]]).<ref>Singer, Charles. ''A short history of biology''. Oxford 1931.</ref>

1 komentar: